RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.
B. Indikator
- Mengenal bola
- Menendang bola
- Menghentikan bola / mengontrol bola
- Menggiring bola
- Melempar bola
- Bermain sepak bola secara sederhana
C. Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Sepak Bola
D. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi serta penjelasan materi yang akan dibahas serta dilanjutkan pemanasan. | 10 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
2. | Inti - Teknik mengenal bola dilakukan dengan cara menggulir-gulirkan bola, menimang-nimang bola - Teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki bagian luar - Teknik menghentikan / mengontrol bola dengan menggunakan kaki bagian dalam punggung kakai dan kaki bagian luar. - Teknik melempar bola dilakukan dengan cara : a. berdiri diluar garis samping b.bola dipegang dengan dua tangan dari atas belakang kepala c. badan ditarik ke belakang diteruskan dengan mengayunkan kedua tangan ke depan (menggunakan kekuatan otot perut, panggul, bahu dan tangan) - teknik bermain bola secara sederhana | 60 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
3. | Penutup - Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi / evaluasi terhadap kegiatan yang baru dipratekkan. - Informasi-informasi | 20 menit | Ceramah Diskusi |
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat : Lapangan sepak bola, bola kaki, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si | Sukoharjo, 01 Juni 2007 Guru Mapel ____________________ NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.
B. Indikator
- Melakukan passing bawah
- Melakukan passing atas
- Melakukan servis bawah
- Bermain bola voli secara sederhana
C. Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Bola Voli
D. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan pemanasan. | 10 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
2. | Inti - Peserta didik masih dalam formasi 4 saf, tetapi dibuat saling berhadapan untuk melakukan latihan : a. Passing bawah b. Passing atas c. Servis bawah Setelah melakukan latihan tersebut diatas dirasa cukup diteruskan bermain bola voli dengan menggunakan peraturan yang sederhana | 60 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
3. | Penutup - Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi / koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan. - Informasi-informasi | 20 menit | Ceramah Diskusi |
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Lapangan bola voli, bola voli, net voli, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dengan menggunakan tes perbuatan
| Guru Mapel ____________________ NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.
B. Indikator
- Melakukan teknik operan dan menangkap bola setinggi dada
- Melakukan teknik operan dan menangkap bola pantulan
- Melakukan teknik operan dan menangkap bola atas
- Melakukan teknik operan dan lemparan bola samping
- Melakukan teknik dribbling
- Bermain basket secara sederhana
C. Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Bola Basket
D. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up) | 10 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
2. | Inti - Peserta didik masih dalam formasi 4 saf, tetapi dibuat saling berhadapan untuk melakukan latihan : a. Lempar tangkap bola setinggi dada b. Lempar tangkap bola pantulan ke lantai c. Lempar tangkap bola operan dari samping d. Dribble sambil berjalan dan berlari Setelah teknik tersebut diatas dirasa cukup dilakukan dengan bermain basket dengan menggunakan peraturan yang sederhana | 60 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
3. | Penutup - Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan. - Informasi-informasi | 20 menit | Ceramah Diskusi |
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat : Lapangan basket, bola basket, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan
| Guru Mapel ____________________ NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.
B. Indikator
- Melakukan teknik melambungkan bola
- Melakukan teknik melempar bola dengan benar
- Melakukan teknik menangkap bola dengan benar
- Melakukan teknik memukul bola
- Bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi
C. Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Rounders
D. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan pemanasan. | 10 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
2. | Inti - Peserta didik masih tetap menjadi 4 saf, saling berhadapan untuk melakukan : a. Lempar tangkap bola melambung b. Lempar tangkap bola datar c. Lempar tangkap bola menggelinding d. Teknik memukul bola e. Bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi | 60 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
3. | Penutup - Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi kegiatan yang telah dipratekkan. - Informasi-informasi | 20 menit | Ceramah Diskusi |
E. Media / Alat
Buku : Petunjuk Permainan Tradisional oleh UNS
Alat : Stick (alat pemukul Rounders), bola rounders, tempat hinggap
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan
| Guru Mapel ____________________ NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.
B. Indikator
- Melakukan teknik start jongkok
- Melakukan teknik teknik berlari
- Melakukan teknik memasuki finish
C. Materi Pokok
Lari Jarak Pendek
D. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara singkat diteruskan dengan pemanasan. | 10 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
2. | Inti - Melakukan start jongkok Macam-macam start jongkok : a. Start pendek b. Start menengah c. Start panjang Cara melakukan : d. Sikap awal berdiri di belakang garis start, langkahkan kaki kiri ke depan, dan jari kaki lurus ke depan. e. Letakkan jari-jari kaki belakang segaris dengan tumit kaki depan. Jarak antara kedua kaki satu tapak tangan (start pendek/ Bunch Start) f. Jatuhkan badan ke depan dan letakkan jari0jari tangan di belakang garis start (membentuk huruf V terbalik). Sikap lengan lurus, berat badan hampir seluruhnya bertumpu pada kedua tangan. g.Aba-aba siap, angkat panggul ke atas, sehingga pantat lebih tinggi dari pundak. h.Aba-aba “Ya”, tolakan kaki pada balok start sekuat-kuatnya, lalu berlari secepat-cepatnya. - Teknik berlari, lari jarak pendek menapak menggunakan ujung kaki, mengangkat lutut tinggi, ayunan tangan mengikuti langkah kaki. - Teknik masuk finish dilakukan dengan tetap berlari tanpa mengurangi kecepatan, menyentuh finish dengan cara memiringkan bahu atau ambyuk. | 60 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
No | Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
3. | Penutup - Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi / evaluasi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan. - Informasi-informasi | 20 menit | Ceramah Diskusi |
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan oleh : Drs. Yanto Kusyanto
Alat : Lapangan, balok start, bendera start, stop watch, peluit
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si | Sukoharjo, 01 Juni 2007 Guru Mapel ____________________ NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
1.4 Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga beladiri, serta nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri.
B. Indikator
- Melakukan sikap pasang dengan benar
- Melakukan berbagai teknik pukulan dengan baik
- Melakukan berbagai teknik tendangan
C. Materi Pokok
Teknik Dasar Pencak Silat
D. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan. | 10 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
2. | Inti Masih dalam formasi 4 saf diteruskan latihan : - Sikap pasang adalah suatu sikap siaga untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola dan dilakukan pada awal serta akhir dari rangkaian gerak. Unsur sikap pasang : sikap kuda-kuda, sikap tubuh, sikap lengan dan sikap tangan. - Latihan teknik pukulan dari depan a. Tinju dilakukan dengan cara tangan dikepalkan b.Tebak dilakukan dengan menggunkan satu telapak tangan c. Sodok dilakukan menggunakan telapak tangan terlentang d. Bandul dilakukan dengan mengayun kepalan - Latihan teknik pukulan dari arah bawah a. Bandul dilakukan seperti upper cut dalam tinju b.Sanggah dilakukan menggunakan pangkal telapak tangan c. Colok / tusuk dilakukan menggunakan jari-jari terbuka - Teknik tendangan dapat dilakukan dari arah : a. Depan b.Samping c. Belakang d. Busur | 60 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
No | Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
3. | Penutup - Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang baru saja dipratekkan. - Informasi-informasi | 20 menit | Ceramah Diskusi |
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat : Aula, pelindung badan
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan
Guru Mapel ____________________ NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan, dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.
B. Indikator
- Melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan
- Melakukan berbagai bentuk latihan kelentukan
- Melakukan brebagai bentuk latihan keseimbangan
C. Materi Pokok
Latihan Kebugaran Jasmani
D. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan pemanasan. | 10 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
2. | Inti - Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok 1 : melakukan latihan kekuatan otot lengan dengan push up a. Melakukan latihan kekuatan otot Perut dengan sip-up b. Melakukan latihan kekuatan otot Punggung dengan back off c. Melatih otot kaki dengan squat jump Kelompok 2 : melakukan latihan kekukatan dari anggota tubuh bagian atas menuju anggota bagian bawah. Kelompok 3 : melakukan latihan keseimbangan Setelah dirasa cukup, tiap kelompok bergantian melakukan latihan lainnya, sehingga ketiga kelompok latihan kekuatan, kelentukan dan keseimbangan | 60 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
3. | Penutup - Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan - Informasi-informasi | 20 menit | Ceramah Diskusi |
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan oleh : Drs. Yanto Kusyanto
Alat : Aula, stop watch
F. Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan melalui pengamatan terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.
Kepala MA PPMI Assalaam Sigit Rahardja, S.Si | Sukoharjo, 01 Juni 2007 Guru Mapel ____________________ NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan Ke : ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu : …..……………….……………….……………
A. Kompetensi Dasar
2.2 Mempraktikkan tes kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.
B. Indikator
- Melakukan tes pengukuran kebugaran jasmani
- Menerapkan ketelitian, kesabaran, keuletan dan kecermatan dalam pengolahan data
C. Materi Pokok
Tes Kebugaran Jasmani
D. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara singkat dan dilanjutkan dengan pemanasan / warming up. | 10 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
2. | Inti - Praktek tes dan pengukuran kebugaran jasmani adapun rangkaian tes kebugaran jasmani untuk usia 16 – 19 tahun (untuk siswa SMA) terdiri dari : a. Lari 60 meter b. Gantung angkat tubuh 60 detik untuk pria dan gantung siku tekuk untuk wanita. c. Baring duduk 60 detik d. Loncat tegak e. Lari 1200 meter untuk pria dan 1000 meter untuk wanita - Hasil dari rangkaian tes dicatat dan hasilnya yang masih berupa hasil kasar yang masih merupakan satuan ukuran yang berbeda perlu diganti dengan satuan ukuran yang sama, satuan ukuran pengganti ini adalah nilai. Nilai deroleh dari tabel yang sudah ditentukan. Setelah diubah menjadi nilai langkah berikutnya adalah menjumlahkan nilai-nilai kelima butir tes. Hasil penjumlahan menjadi dasar untuk menentukan mategori kebugaran jasmani peserta didik. | 60 menit | Ceramah Demonstrasi Tugas |
3. | Penutup - Peserta didik dibariskan, sambil mengumpulkan catatan hasil tes, kemudian dievaluasi kegiatan yang telah dilakukan/ - Informasi-informasi | 20 menit | Ceramah Diskusi |
E. Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat : Lapangan, stop watch, palang tunggal, peluit
F. Evaluasi
No comments:
Post a Comment