Thursday, October 20, 2011

tik


                                                                                                           Nama  : alfitri yansyah
                                                                                                           NIM    :2009151379
                                                                                                           Kelas   :5j
                                                                                                           mata pelajaran  : TIK
                                                                                                           jurusan : olahraga

                                                                                                         


1 . bagaimana cara memanpaatkan teknologi informasi terhadap olahraga  jelaskan  dan berikan  contoh menurut anda ?

-sebagai suatu kepercayaan atau pemikiran yang mengisi suatu individu, yang keberadaanya bisa dipertanggung jawabkan terhadap masyarakat atas perilaku yang diperbuat.dan dapat bermanpaat bagi orang banyak

-contohnya kita dapat mengetahui perkembanagan olahraga  diluar  negeri tanpa harus menunggu berita dan  menunggu surat kabar, dengan mengunakan tik kita dapat mengetahui perkembangan olahraga dengan cepat.

2. apa saja manpaat bahasa isyarat 
jelaskan  dan berikan contoh menurut anda ?

_manpaatnya kita dapat mengutarakan kehendak kita tanpa harus mengunakan suara
kepada orang lain. dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita mengunakan bahasa isyarat  tanpa kita sadari

-contonya
pada saat kta sedang ujian sekolah sering sekali kita mengeluarkan bahasa isyarat kepada teman kita karena  kalau mengunakan bahasa isyarat.kita dapat mencontek pekerjaan teman kita .tanpa diketahui oleh guru  pengawas ujian.

3. mengapa dalam bekomunikasih  kita harus selalu memperhatikan situasi kondisi toleransi ,pandangan disingkat  jelaskan dan berikan  contonya ?

-karena berkomunikasih tanpa memperhatiakan  situasi kondisi,toleransi pandangam singkat .kita tidak akan tahu topic pembicaraan ,asihy dalam jalur yang benar dan kita jag tidak akn tahu apakah teman berkomunikasih  tersinggung apa tidak dengan kata-kata kita oleh karena itu dalam berkomunikasih sangat  penting memperhatikan situasi  kondisi

-contohnya
kita sedang berbicara dengan teman kita tapi kita memperhatikan kearah lain
teman anda akan merasa teringguung dengan  sikap kita oleh karena itu kita harus memperhatikan situas,kondisi ,toleransi ,pandangan , terhadap orang lain



4. mengapa dalam bekomunikasih kita tidak boleh emosi dan bagaimana cara mengatasinya
jelaskan dan berikan contonya ?
-karena kalau dalam berkomunikasih kita dalam komunikasih kita tidak dapat mengontrol kata –kata yang keluar dari mulut kita tanpa kita sadari dan dapat menimbulkan perselisihan dengan orang yang berkomunikasih dengan kita
alahklan baiknya kita  berkomunikasih dengan tutur kata yang lembut dan sopan dan dalam keadaan tenang dan sabar
mengatasinya biasa dangan cara belajarlah untuk bejiwa besar dapat menerima pendapat dari orang lain dan dengan cara menjalan ibadah menurut kepercayaan agama masing-masing.

-contohnya
dalam suatu rapat terdapat debat dalam menyesaikan suatu pokok masalah
jika debat tersebut mengunakan emosi akan terjadi perselisihan dan berakibat perseteruan  antara kelompok .sering kita lihat di televisi anggota DPR kita melakukan baku hantam dalam suatu rapat .karena tidak adanya sipat sabar dan tenang ,dalam berdiskusi hanya mementingkan diri sendiri dan tidak mau kalah ,alangkan baiknya kalu menurunkan sedikit ego,pasti tidak akan terjadi baku hantam  seperti yang kita lihat


5. apa saja manpaat internet terhadap olahraga
jelaskan dan contonya  ?
banyak sekali manpaat internet terhapap olahraga
kita dapat mengetahui perkembangan olahraga  dengan cepat.
dan dapat mengetahui berita – berita olahraga didunia
dan kapan berlangsungnya pertandingan dan dapat mengetahui ukuran lapangan  dan peraturan olahraga  yang benar sesuai dengan peraturan yang ipakai oleh dunia


6. mengapa pada jurusan olahraga mahasiswa diwajibkan mempelajari TIK ?
Karena tik  adalah pelajaran yang penting  sekarang bukan hanya dapat mengetahui semua tentang olahraga  dan informasi dan lainya  ..dengan mempelajari tik kita dapat mengoprasikan perangat – perangat computer dengan benar
dan mengetahui cara menangulangi suatu kendala dalam computer

-


Monday, October 10, 2011

rpp olahraga


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama sekolah          :
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  
Pertemuan Ke          :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu         :  …..……………….……………….……………

A.    Kompetensi Dasar
1.1        Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.

B.     Indikator
-          Mengenal bola
-          Menendang bola
-          Menghentikan bola / mengontrol bola
-          Menggiring bola
-          Melempar bola
-          Bermain sepak bola secara sederhana

C.    Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

D.    Skenario Pembelajaran

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi serta penjelasan materi yang akan dibahas serta dilanjutkan pemanasan.

10 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2.
Inti
-      Teknik mengenal bola dilakukan dengan cara menggulir-gulirkan bola, menimang-nimang bola
-      Teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki bagian luar
-      Teknik menghentikan / mengontrol bola dengan menggunakan kaki bagian dalam punggung kakai dan kaki bagian luar.
-      Teknik melempar bola dilakukan dengan cara :
a. berdiri diluar garis samping
b.bola dipegang dengan dua tangan dari atas belakang kepala
c. badan ditarik ke belakang diteruskan dengan mengayunkan kedua tangan ke depan (menggunakan kekuatan otot perut, panggul, bahu dan tangan)
-      teknik bermain bola secara sederhana


60 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3.
Penutup
-      Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi / evaluasi terhadap kegiatan yang baru dipratekkan.
-      Informasi-informasi

20 menit

Ceramah
Diskusi




E.     Media / Alat
Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh Muhajir
Alat  :  Lapangan sepak bola, bola kaki, peluit

F.     Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.




Kepala MA PPMI Assalaam


Sigit Rahardja, S.Si
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah       : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke          :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu         :  …..……………….……………….……………


A.    Kompetensi Dasar
1.1        Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.

B.     Indikator
-          Melakukan passing bawah
-          Melakukan passing atas
-          Melakukan servis bawah
-          Bermain bola voli secara sederhana

C.    Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Bola Voli

D.    Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan pemanasan.

10 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2.
Inti
-      Peserta didik masih dalam formasi 4 saf, tetapi dibuat saling berhadapan untuk melakukan latihan :
a.       Passing bawah
b.      Passing atas
c.       Servis bawah
Setelah melakukan latihan tersebut diatas dirasa cukup diteruskan bermain bola voli dengan menggunakan peraturan yang sederhana

60 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3.
Penutup
-      Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi / koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan.
-      Informasi-informasi

20 menit

Ceramah
Diskusi

E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat  : Lapangan bola voli, bola voli, net voli, peluit

F.     Evaluasi
Penilaian dengan menggunakan tes perbuatan








Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1
Nama sekolah          :
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  
Pertemuan Ke          :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu         :  …..……………….……………….……………

A.    Kompetensi Dasar
1.1        Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.

B.     Indikator
-          Melakukan teknik operan dan menangkap bola setinggi dada
-          Melakukan teknik operan dan menangkap bola pantulan
-          Melakukan teknik operan dan menangkap bola atas
-          Melakukan teknik operan dan lemparan bola samping
-          Melakukan teknik dribbling
-          Bermain basket secara sederhana

C.    Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Bola Basket
D.    Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)

10 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2.
Inti
-      Peserta didik masih dalam formasi 4 saf, tetapi dibuat saling berhadapan untuk melakukan latihan :
a.       Lempar tangkap bola setinggi dada
b.      Lempar tangkap bola pantulan ke lantai
c.       Lempar tangkap bola operan dari samping
d.      Dribble sambil berjalan dan berlari
Setelah teknik tersebut diatas dirasa cukup dilakukan dengan bermain basket dengan menggunakan peraturan yang sederhana

60 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3.
Penutup
-      Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan.
-      Informasi-informasi

20 menit

Ceramah
Diskusi

E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat  : Lapangan basket, bola basket, peluit
F.     Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan








Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama sekolah      :
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke          :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu         :  …..……………….……………….……………

A.    Kompetensi Dasar
1.2        Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

B.     Indikator
-          Melakukan teknik melambungkan bola
-          Melakukan teknik melempar bola dengan benar
-          Melakukan teknik menangkap bola dengan benar
-          Melakukan teknik memukul bola
-          Bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi

C.    Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Rounders

D.    Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan pemanasan.

10 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2.
Inti
-      Peserta didik masih tetap menjadi 4 saf, saling berhadapan untuk melakukan :
a.       Lempar tangkap bola melambung
b.      Lempar tangkap bola datar
c.       Lempar tangkap bola menggelinding
d.      Teknik memukul bola
e.       Bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi

60 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3.
Penutup
-      Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi kegiatan yang telah dipratekkan.
-      Informasi-informasi

20 menit

Ceramah
Diskusi

E.     Media / Alat
Buku :  Petunjuk Permainan Tradisional oleh UNS
Alat  : Stick (alat pemukul Rounders), bola rounders, tempat hinggap

F.     Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan



Guru Mapel


____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Madrasah       : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke          :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu         :  …..……………….……………….……………


A.    Kompetensi Dasar
1.3        Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

B.     Indikator
-          Melakukan teknik start jongkok
-          Melakukan teknik teknik berlari
-          Melakukan teknik memasuki finish

C.    Materi Pokok
Lari Jarak Pendek

D.    Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara singkat diteruskan dengan pemanasan.

10 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2.
Inti
-      Melakukan start jongkok
Macam-macam start jongkok :
a.       Start pendek
b.      Start menengah
c.       Start panjang
Cara melakukan :
d.      Sikap awal berdiri di belakang garis start, langkahkan kaki kiri ke depan, dan jari kaki lurus ke depan.
e. Letakkan jari-jari kaki belakang segaris dengan tumit kaki depan. Jarak antara kedua kaki satu tapak tangan (start pendek/ Bunch Start)
f. Jatuhkan badan ke depan dan letakkan jari0jari tangan di belakang garis start (membentuk huruf V terbalik). Sikap lengan lurus, berat badan hampir seluruhnya bertumpu pada kedua tangan.
g.Aba-aba siap, angkat panggul ke atas, sehingga pantat lebih tinggi dari pundak.
h.Aba-aba “Ya”, tolakan kaki pada balok start sekuat-kuatnya, lalu berlari secepat-cepatnya.
-      Teknik berlari, lari jarak pendek menapak menggunakan ujung kaki, mengangkat lutut tinggi, ayunan tangan mengikuti langkah kaki.
-      Teknik masuk finish dilakukan dengan tetap berlari tanpa mengurangi kecepatan, menyentuh finish dengan cara memiringkan bahu atau ambyuk.

60 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
3.
Penutup
-      Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi / evaluasi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan.
-      Informasi-informasi


20 menit

Ceramah
Diskusi


E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani dan Kesehatan oleh : Drs. Yanto Kusyanto
Alat  : Lapangan, balok start, bendera start, stop watch, peluit

F.     Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan




Kepala MA PPMI Assalaam



Sigit Rahardja, S.Si
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel



____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah       :
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke          :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu         :  …..……………….……………….……………


A.    Kompetensi Dasar
1.4        Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga beladiri, serta nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri.

B.     Indikator
-          Melakukan sikap pasang dengan benar
-          Melakukan berbagai teknik pukulan dengan baik
-          Melakukan berbagai teknik tendangan

C.    Materi Pokok
Teknik Dasar Pencak Silat

D.    Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan dengan pemanasan.

10 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2.
Inti
Masih dalam formasi 4 saf diteruskan latihan :
-      Sikap pasang adalah suatu sikap siaga untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola dan dilakukan pada awal serta akhir dari rangkaian gerak. Unsur sikap pasang : sikap kuda-kuda, sikap tubuh, sikap lengan dan sikap tangan.
-      Latihan teknik pukulan dari depan
a. Tinju dilakukan dengan cara tangan dikepalkan
b.Tebak dilakukan dengan menggunkan satu telapak tangan
c. Sodok dilakukan menggunakan telapak tangan terlentang
d.         Bandul dilakukan dengan mengayun kepalan
-      Latihan teknik pukulan dari arah bawah
a. Bandul dilakukan seperti upper cut dalam tinju
b.Sanggah dilakukan menggunakan pangkal telapak tangan
c. Colok / tusuk dilakukan menggunakan jari-jari terbuka
-      Teknik tendangan dapat dilakukan dari arah :
a. Depan
b.Samping
c. Belakang
d.         Busur

60 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas




No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
3.
Penutup
-      Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang baru saja dipratekkan.
-      Informasi-informasi


20 menit

Ceramah
Diskusi


E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani Kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat  :  Aula, pelindung badan

F.     Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan tes perbuatan





Guru Mapel



____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah       :
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke          :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu         :  …..……………….……………….……………

A.    Kompetensi Dasar
2.1        Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan, dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.
B.     Indikator
-          Melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan
-          Melakukan berbagai bentuk latihan kelentukan
-          Melakukan brebagai bentuk latihan keseimbangan
C.    Materi Pokok
Latihan Kebugaran Jasmani
D.    Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan dengan pemanasan.

10 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2.
Inti
-      Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok.
Kelompok 1 : melakukan latihan kekuatan otot lengan dengan push up
a.       Melakukan latihan kekuatan otot
Perut dengan sip-up
b.      Melakukan latihan kekuatan otot
Punggung dengan back off
c.       Melatih otot kaki dengan squat jump
Kelompok 2 : melakukan latihan kekukatan dari anggota tubuh bagian atas menuju anggota bagian bawah.
Kelompok 3 : melakukan latihan keseimbangan
Setelah dirasa cukup, tiap kelompok bergantian melakukan latihan lainnya, sehingga ketiga kelompok latihan kekuatan, kelentukan dan keseimbangan

60 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3.
Penutup
-      Peserta didik dibariskan, dievaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan
-      Informasi-informasi

20 menit

Ceramah
Diskusi

E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani dan Kesehatan oleh : Drs. Yanto Kusyanto
Alat  :  Aula, stop watch
F.     Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan melalui pengamatan terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.


Kepala MA PPMI Assalaam

Sigit Rahardja, S.Si
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Guru Mapel

____________________
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah       :
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester         :  X / 1
Pertemuan Ke          :  ……………….……………….……………….
Alokasi Waktu         :  …..……………….……………….……………

A.    Kompetensi Dasar
2.2        Mempraktikkan tes kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.

B.     Indikator
-          Melakukan tes pengukuran kebugaran jasmani
-          Menerapkan ketelitian, kesabaran, keuletan dan kecermatan dalam pengolahan data
C.    Materi Pokok
Tes Kebugaran Jasmani
D.    Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi yang akan dipraktekkan secara singkat dan dilanjutkan dengan pemanasan / warming up.

10 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2.
Inti
-      Praktek tes dan pengukuran kebugaran jasmani adapun rangkaian tes kebugaran jasmani untuk usia 16 – 19 tahun (untuk siswa SMA) terdiri dari :
a.       Lari 60 meter
b.      Gantung angkat tubuh 60 detik untuk pria dan gantung siku tekuk untuk wanita.
c.       Baring duduk 60 detik
d.      Loncat tegak
e.       Lari 1200 meter untuk pria dan 1000 meter untuk wanita
-      Hasil dari rangkaian tes dicatat dan hasilnya yang masih berupa hasil kasar yang masih merupakan satuan ukuran yang berbeda perlu diganti dengan satuan ukuran yang sama, satuan ukuran pengganti ini adalah nilai. Nilai deroleh dari tabel yang sudah ditentukan. Setelah diubah menjadi nilai langkah berikutnya adalah menjumlahkan nilai-nilai kelima butir tes. Hasil penjumlahan menjadi dasar untuk menentukan mategori kebugaran jasmani peserta didik.

60 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3.
Penutup
-      Peserta didik dibariskan, sambil mengumpulkan catatan hasil tes, kemudian dievaluasi kegiatan yang telah dilakukan/
-      Informasi-informasi

20 menit

Ceramah
Diskusi

E.     Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani kelas 1 SMA oleh : Agus Mukholid
Alat  :  Lapangan, stop watch, palang tunggal, peluit
F.     Evaluasi